Saturday, August 21, 2010

Empati

EMPATI merupakan kemampuan dan keinginan untuk merasakan apa yang orang lain rasakan. Berempati memungkinkan sikap kita sebagai manusia bermanfaat buat yang lainnya.

Bukankah orang yang paling mulia itu adalah orang yang paling bermanfaat buat yang lainnya? Sungguh tiada berguna orang yang justru merugikan orang lainnya. Keberuntungan kita bukanlah diukur dari apa yang kita dapatkan, melainkan dari nilai manfaat yang ada dari kehadiran kita.

Dari sinilah bermula rasa suka dan sayang orang terhadap diri kita karena kehadiran kita bisa menyejukkan, menolong, dan memberikan solusi-solusi yang berguna. Munculnya kesejukkan, sifat menolong, dan kejernihan pikiran mencari solusi karena kita bisa merasakan apa yang orang lain rasakan.

Jika kita merasa dihina dan dimaki itu bisa menyebabkan hancurnya hati, sebaiknya kita pun tidak menghina dan memaki orang lain. Jika kita merasa senyum itu indah dan membuat hati kita senang melihatnya, berikanlah senyum kepada orang lain. Jika kita merasakan sakit perut dan tersiksa karena kurang makan, berikanlah makanan kepada orang-orang yang lapar.

Insya Allah kita menjadi orang yang peka hati dan perasaannya sehingga menjadi harapan bagi banyak orang.

K I n S => Keep Istiqamah n Smile ^_^

Salam Santun
~Imam~

No comments:

Post a Comment